Selasa, Oktober 30, 2007

[tip] Meniran - Perkuat Sistem Imun

BANYAK tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat sistem imun (imunomodulator). Satu di antaranya adalah ekstrak meniran (Phyllanthus Niruri L). Ekstrak ini dapat meningkatkan sel sitoksik, seperti sel pemusnah alami tubuh.

Imunomodulator berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya, menguatkan sistem imun tubuh (imunostimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imunosuppressan). "Sehingga, kekebalan atau daya tahan tubuh kita selalu optimal menjaga tetap sehat ketika diserang virus, bakteri, dan mikroba lainnya," terang DR Suprapto Ma'at MS Apoteker.
Meniran sendiri sudah terbukti secara klinis sebagai terapi ajuvan (pendukung) beberapa penyakit. Seperti TBC, keputihan karena jamur candida albicans, herpes vaginalis, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan jerawat.

Data Fisik Meniran (Phyllanthus Niruri L.)

Meniran mudah di tempat lembab dan berbatu. Seperti disepanjang saluran air, semak-semak dan tanah terlantar di antara rerumputan.

Meniran adalah tanaman semusim, tumbuh tegak, bercabang-cabang, tinggi sekitar 30-50 centi.

Daun tunggal, letak berseling. Helaian daun bundar telur sampai bundar memanjang, ujung tumpul, pangkal membulat.

Buahnya buah kotak, bulat pipih, licin. Bijinya kecil, keras, berbentuk ginjal, berwarna coklat.

Rasanya sedikit pahit, sejuk.

Khasiat Meniran

Berkasiat membersihkan hati, anti radang, pereda demam, melancarkan buang air dan menambah nafsu makan

Untuk mengobati penyakit berat, meniran tidak bisa berdiri sendiri. Dibutuhkan obat-obatan pendukung lain untuk menyempurnakan kesembuhan.

Cara Pemanfaatan Meniran

Pilih daun segar atau yang sudah dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Daun yang sudah kering, bisa disimpan dan dipakai jika dibutuhkan.

Untuk pemakaian luar, cuci daun segar, giling sampai halus. Kemudian bubuhkan bahan pada tempat yang sakit kemudian dibalut.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meniran bisa diminum setiap hari. Ambil segenggam daun meniran. Tumbuk sampai halus. Kemudian rebus bersama dua gelas air bersih. Tunggu sampai menjadi setengah gelas.

Tidak ada komentar: