Kamis, Oktober 11, 2007

[kisah] Neil Armstrong

Pada tanggal 20 Juli 1969, komandan Apollo 11 Lunar Module, Neil Armstrong dikenal sebagai manusia pertama yang menjejakkan kakinya di Bulan. Kata-kata pertamanya setelah menjejakkan kakinya adalah "That's one small step for man, one giant leap for mankind" yang disiarkan & didengarkan oleh jutaan pemirsa TV di seluruh bumi. Kemudian persis sebelum dia kembali mendarat di bumi, dia membuat sapaan yang cukup menggelitik "Good Luck, Mr.Gorsky."

Pada saat itu, orang-orang di NASA berpikir itu hanyalah semacam sindiran halus untuk menunjuk rival mereka yaitu kosmonot-kosmonot Soviet. Namun, setelah dicek & ricek...tidak ada nama Gorsky di badan Antariksa Amerika maupun Soviet.

Bertahun - tahun setelah itu ternyata masih banyak masyarakat yang penasaran & mempertanyakan arti kata Armstrong "Good luck Mr. Gorsky". Tetapi setiap kali ditanyakan, Armstrong hanya tersenyum penuh arti. Pada tanggal 5 Juli 1995 di Tampa Bay, Florida, pada acara wawancara pers seusai pidato, seorang reporter kembali mengajukan pertanyaan yang sudah berusia 26 tahun itu kepada Armstrong. Saat itulah, pada akhirnya Armstrong merespon pertanyaan itu. Dikarenakan Mr. Gorsky telah wafat, Armstrong merasa tidak apa- apa jika dia menjawab pertanyaan itu.

Ceritanya bermula begini, pada tahun 1938 ketika Armstrong masih kanak-kanak, dia sedang bermain bola dengan tetangganya di kebun belakang rumahnya. Suatu ketika, temannya menendang bola terlalu keras sehingga bola itu mendarat di halaman sebuah rumah yang tidak jauh dari situ, dan berada persis di bawah jendela kamar tidur. Sang empunya rumah adalah Mr & Mrs Gorsky. Ketika Armstrong kecil sedang merunduk mengambil bola tsb, dia mendengar teriakan Mrs. Gorsky sedang marah ke Mr.Gorsky. Dan bentakan itu yang membuat Armstrong kecil tidak bisa melupakannya seumur hidup: "Sex! You want sex?! You'll get sex when the kid next door walks on the moon!"

Tidak ada komentar: