Jumat, September 19, 2014

[tip] Ini Trik Matt Perger, Barista Internasional Menyeduh Kopi Enak dengan V60

Jakarta - Cara menyeduh kopi sangat beragam. Metode Pour Over
dengan peralatan V60 jadi salah satu cara yang populer dipakai oleh barista. Salah satu barista kelas dunia Matt Perger memberikan trik menyeduh kopi dengan teknik ini.

Matt Perger barista dari St. Ali Melbourne, Australia merupakan peraih juara World Barista Championship. Saat hadir di Jakarta (18/09) iapun memberikan langkah penyeduhan kopi dengan V60.


1. Kuantitas kopi dan suhu air

Untuk 12 gram kopi bubuk, diperlukan 200 gram air mendidih dengan suhu 97 derajat celcius. Siapkan stopwatch agar waktu penyeduhan tepat. Dengan peralatan V60 dan metode Pour Over ini total akan mendapatkan 1,40 persen TDS (total dissolve solid) dan 20,8 persen extraction.



2. Tuangan air pertama

Setelah kopi dimasukkan dalam coffee filter, masukkan 50 gram air panas untuk blooming. Dengan sendok kecil aduk dasar kopi beberapa kali. Lalu diamkan.







3. Putar spiral ke bagian luar
Setelah 30 detik, tuangkan air dengan pola spriral memutar ke sisi luar kopi. Tuangkan air hingga pinggiran ampas kopi ikut larut dan bersih. Pada tahap ini tidak ada bubuk kopi kering yang muncul di permukaan.



4. Kembali tuangkan air
Satu menit kemudian kembali tuangkan air 100 gram air panas dengan arah memutar spiral ke bagian luar hingga mencapai jejak kopi di pinggiran terendam air. Akan terlihat 'Rao Spin' atau putaran kopi yang terlihat dengan metode pour.






5. Banting coffee driper perlahan ke range server
Agar coffee bed, ampas kopi lebih rata angkat sedikit coffee dripper lalu banting perlahan ke range server. Tunggu hingga semua air hilang dari coffee bed. Kopi siap disajikan.








Sumber: http://food.detik.com/read/2014/09/18/181937/2694593/297/1/ini-trik-matt-perger-barista-internasional-menyeduh-kopi-enak-dengan-v60#bigpic

Tidak ada komentar: