Kamis, Oktober 30, 2008

[tip] Minuman Panas Tebarkan Aura Positif

London: Sst.... Kalau Anda ingin menguji apakah kandidat pacar atau calon menantu Anda itu berbudi elok, nah mengapa tak mempraktikkan penelitian berikut ini.

Caranya? Coba berikan mereka secawan teh atau cokelat panas ketika datang ke rumah Anda. Kok bisa? Soalnya manusia cenderung akan bersikap positif terhadap orang yang tidak ia kenal jika dihidangkan minuman panas.

Hasil penelitian yang efeknya luar biasa itu membantu menjelaskan mengapa ibu atau nenek-nenek kita zaman dahulu suka menawarkan minuman panas kepada tetamu mereka.

Meskipun para peneliti belum tahu pasti mengapa keakraban fisik bisa mengubah cara seseorang menilai kepribadian orang lain, namun manusia memang diprogram untuk mendapatkan keakraban, dan minuman panas dapat menimbulkan kaitan positif dalam otak.

John Bargh, dosen psikologi yang mengetuai penelitian di Universitas Yale, Amerika Serikat, tersebut mengatakan, “Efek suhu bukan sekadar bagaimana kita melihat orang lain, namun juga memberi efek kepada tindak tanduk kita sendiri," ucap Bargh seperti yang dikutip Guardian.co.uk.

"Keakraban fisik membolehkan kita untuk melihat orang lain dengan akrab dan sekaligus menjadikan kita lebih ramah, pemurah, dan dapat dipercaya,” katanya.

Sumber: www.tempointeraktif.com

Tidak ada komentar: